Welcome to SPK Anak Muda GBI Basilea Christ Cathedral Web Site ...

Selasa, 04 Desember 2012

Retreat ke Israel - DEAD SEA

DEAD SEA ( LAUT MATI )

tempat terendah di permukaan bumi yang menajubkan, yang bisa kita kunjungi..




Dead Sea (Laut Mati), dalam bahasa Arab : البحر الميت al-Bahr al-Mayyit, dalam bahasa Ibrani : יָם הַ מֶּ לַ ח, Yam Ha-Melaḥ, "Laut Garam", juga disebut Laut Asin, atau danau garam yang berbatasan dengan Yordania di timur dan Israel di sebelah barat.

Permukaan pantainya 423 meter (1.388 kaki) di bawah permukaan laut , elevasi terendah di bumi permukaan Laut Mati adalah 377 m (1.237 kaki). Dengan Salinitas 33,7% atau 8,6 kali lebih asin dari air laut, maka Laut Mati merupakan danau dengan kadar garam tertinggi di dunia. Panjang Laut Mati adalah 67 kilometer, lebarnya adalah 18 kilometer. Pasokan utama air datang dari Sungai Yordan.

Selama ribuan tahun Laut Mati telah menarik banyak sekali pengunjung mulai dari sekitar Mediterania bahkan dalam abad-abad terakhir ini sebagai sebuah objek wisata yang unik khususnya untuk Laut Mati di sisi Israel telah menarik jutaan turis asing berkunjung.

Secara Alkitabiah tempat ini adalah tempat persembunyian Raja Daud di kubu-kubu Gunung di En-Gedi yang berusaha menghindari kejaran Raja Saul [1 Samuel 24: 1]. Dan juga bagi Herodes Agung sebagai tempat peristirahatannya.

Lumpur Laut Mati juga sudah sangat terkenal sejak dulu kala. Mesir misalnya, Negara ini mengimpor lumpur Laut Mati sebagai bahan baku pembuat balsem untuk mumifikasi. Saat ini banyak sekali manfaat garam dan mineral Laut mati diantaranya untuk kalium, pupuk dan kosmetik serta herbal. Dengan kadar garam sebesar 33,7% (kerapatan 1,24 kg/L) kita dapat terapung di atasnya.

Saat ini daerah Laut Mati telah menjadi pusat utama bagi peneitian kesehatan dan pengobatan dengan beberapa alasan, misalnya: kandungan mineral air yang rendah, radiasi matahari yang rendah, dan tekanan atmosfer lebih tinggi, dimana masing-masing hal tersebut memiliki efek kesehatan yang baik. Penderita gangguan kulit psoriasis juga mendapat memanfaatkan untuk berjemur lebih lama karena Laut Mati berada di bawah permukaan laut (UV lebih rendah) Dengan demikian, Laut mati menjadi populer untuk beberapa jenis terapi seperti: Climatotherapy (Perawatan yang memanfaatkan suhu iklim kelembaban, sinar matahari, tekanan barometric); Heliotherapy (Perawatan yang memanfaatkan efek biologis dari radiasi matahari) Thalassotherapy (Perawatan yang mengeksploitasi mandi di Laut Mati).

Beberapa referensi dan catatan Alkitab, di lokasi dimana Laut Mati berada, mungkin di pantai tenggara terletak kota Sodom dan Gomorra [Kejadian 18] dan tiga kota lainnya Adma , Zeboim dan Zoar [Ulangan 29:23]. Zoar lolos kehancuran ketika keponakan Abraham yang bernama Lot melarikan diri ke Zoar dari Sodom [Kejadian 19:21-22].

Sebelum di tunggang balikkan Tuhan, Laut Mati adalah sebuah lembah Yang penuh lubang tar, yang disebut sebagai lembah Siddim. Demikian juga hanya dengan Raja Daud dikatakan pernah bersembunyi dari kejaran Raja Saul di En-Gedi di lembah-lembah dekat dengan dimana Laut Mati berada.
Nubuat Yehezkiel yang ditulis dalam [Yehezkiel 47:8-10] mengatakan Laut Mati akan menjadi tawar, ikan-ikan akan menjadi sangat banyak, bahkan akan banyak penangkap-penangkap ikan penuh disepanjang tepinya. Sebuah nubuat yang sama juga dinyatakan dalam [Zakharia 14:08], yang mengatakan bahwa Air kehidupan akan keluar dari Yerusalem, setengah ke laut timur (mungkin Laut Mati) dan setengah lagi ke laut barat (Mediterania).


 

Saudaraku tahukah Anda bahwa nubuat itu akan segera terjadi. Jika Nanti Anda berkesempatan melihatnya dalam perjalanan dari Taba Border menuju Qumran, atau Yerusalem, di sebelah kanan sisi jalan terlihat bagian selatan Laut Mati yang sudah menjadi kering.

Saat ini pemerintah Israel berusaha keras mensuplai air dari Laut Merah ke dalam Laut Mati, sudah terdapat beberapa kanal-kanal yang membawa air dari laut mati yang lebih banyak dari utara, dan jika proyek pengaliran air dari Laut Merah ini berhasil dilakukan pemerintah Israel, bukankah itu berarti nubuatan Yehezkiel menjadi kenyataan.
Halleluya, Tuhan kita luar biasa, firman-Nya “Ya dan Amien”.